BENTUK DAN DESKRIPSI LOGO SMPN 2 PAMULIHAN


BENTUK DAN DESKRIPSI
LOGO SMPN 2 PAMULIHAN

A.      Bentuk Logo SMPN 2 Pamulihan

logo smpn 2 pamulihan


B.      Deskripsi Logo SMPN 2 Pamulihan
1.        Logo yang berbentuk bidang segi lima ini melambangkan rukun Islam dan nilai-nilai Pancasila, juga melambangkan pernyataan bahwa segenap warga SMPN 2 Pamulihan, baik civitas akademika maupun tenaga administrasinya telah bertekad bulat dan sepakat untuk bersama-sama melaksanakan tugas masing-masing, sesuai dengan visi dan misi SMPN 2 Pamulihan, dengan penuh tanggung jawab dan berserah diri kepada Allah SWT.
2.        Bentuk lingkaran putih pada logo melambangkan lingkaran suci (mandala), totalitas, kesempurnaan, kaffah, dan keseluruhan. Selain itu juga, bentuk lingkaran putih merupakan perlambangan dari lingkungan sekolah yang berwawasan“Wiyata Mandala”. Wawasan Wiyata Mandala adalah suatu pandangan atau sikap menempatkan sekolah sebagai lingkungan pendidikan. Suatu wawasan proses pembudayaan tata kehidupan keluarga besar, dimana para anggotanya merasa ikut memiliki, melindungi, dan menjaga citra. Suatu lingkungan yang di dalamnya terjadi proses koordinasi, proses komunikasi, tempat saling bekerja sama dan bantu-membantu.
3.        Warna yang digunakan adalah warna-warna heraldis (warna perlambangan) yang biasa digunakan untuk kepentingan-kepentingan persimbolan.
a.  Warna Jingga pada outline logo melambangkan energi, semangat, segar, keseimbangan, ceria, dan kehangatan/ keterbukaan.
b.     Warna Biru, melambangkan ketenangan, kepercayaan, keamanan, teknologi, kebersihan, dan keteraturan.
c.     Warna Putih, melambangkan suci, bersih, dan tidak bersalah.
d. Warna Merah, melambangkan perjuangan, nafsu, aktif, agresif, dominan, kemauan keras, persaingan, keberanian, energi, kehangatan, dan cinta.  
e.     Warna kuning, melambangkan optimisme dan harapan.
4.     Warna merah yang berpadu dengan warna dasar putih menyiratkan Dwiwarna Sang Merah Putih bendera Negara Indonesia yang melambangkan wawasan kebangsaan serta semangat kesatuan dan persatuan yang harus selalu dibina dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tak terkecuali dalam kehidupan akademik.
5.    Bentuk gambar pena yang dipadukan dengan bentuk buku terbuka merupakan deformasi dari bentuk logo burung “Tut Wuri Handayani”.
6.   Bentuk Buku yang terbuka, pena, dan lubang pena/ pelita mengisyaratkan bahwa SMPN 2 Pamulihan merupakan tempat diselenggarakannya pendidikan formal, tempat belajar dan mengajar, tempat menggali dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Dari buku-buku, warga SMPN 2 Pamulihan dapat memperoleh informasi dan butir-butir kebenaran, serta dengan menggunakan pena warga SMPN 2 Pamulihan dapat mengekspresikan pikiran, perasaan, dan kebenaran. Lubang pena yang berwarna kuning sebagai lambang bahwa ilmu yang diamalkan ibarat pelita yang menjadi penerang dan sumber energi.
7.     Tulisan nama dan lokasi sekolah dicantumkan sebagai identitas.
8.     Tahun pendirian sekolah (2007) yang ditulis dengan menggunakan Aksara Sunda melambangkan bahwa SMPN 2 Pamulihan adalah salah satu sekolah yang peduli dengan pelestarian budaya lokal.
9.  Bentuk pena dan buku sekilas bisa terlihat seperti bentuk mahkota bunga juga seperti burung. Bentuk bunga, mengisyaratkan bahwa nama baik sekolah harus harum laksana bunga. Bentuk sayap burung, mengisyaratkan tentang lambang kekuasaan dan kedudukan (prestasi).

No comments: