KAMUS ISTILAH INTERNET SMP


KAMUS INTERNET
Disusun Oleh :
Lendra Morjuangsah, S.Pd
NIP.198508272009021001

SMP NEGERI 2 PAMULIHAN
JL. Cikohkol Desa Cigendel Kec Pamulihan Kab.Sumedang
________________________________________

account
Akses ke sebuah komputer atau network. Untuk mengakses biasanya dibutuhkan username dan password.

ActiveX
ActiveX adalah salah satu cara untuk membuat homepage menjadi dinamis. Suatu homepage jika memuat kontrol ActiveX dapat menjadi aplikasi biasa. Sebagai contoh anda dapat membuka dokumen Word di dalam browser. ActiveX pertama kali dikembangkan oleh Microsoft Corporation, namun saat ini perkembangannya diserahkan kepada lembaga independen. ActiveX berakar dari pemrograman di dalam Microsoft Windows dan masih mengandung kode-kode pemrograman khusus Windows, oleh karena itu sulit untuk menjalankan kode ActiveX di platform selain Windows.

alpha
Dalam dunia pembuatan software, alpha adalah tahap pertama kali pembuatan sebuah software. Software yang berstatus alpha masih dalam tahap pembuatan dan biasanya masih banyak fungsi-fungsi yang belum lengkap, serta belum layak digunakan oleh pengguna biasa.

anonymous FTP
FTP server yang mengizinkan orang lain untuk memasuki sistemnya dan mendownload atau mengupload file-file tertentu.

APNIC
Lembaga yang mengurus pengaturan domain di benua Asia.

applet
Dalam dunia World Wide Web, applet dapat diartikan sebagai tambahan di dalam suatu homepage selain gambar. Suatu applet dapat berupa applet Java, ActiveX atau suatu presentasi multimedia.

archie
Program yang dipakai untuk mencari file di site-site FTP di Internet.

article
Sebuah pembicaraan yang terdapat di Usenet Newsgroup.

ASCII
American Standard Code for Information Interchange, kode 7 bit yang dapat merepresentasi 128 karakter.

attachment
Jika anda mengirim sebuah file melalui email, maka file tersebut disebut attachment. Attachment email dapat berupa jenis file apa saja.

au
AU adalah salah satu format file untuk menyimpan jenis data berupa suara. Format AU pertama kali dikembangkan oleh Sun Microsystems.

authentication
Mekanisme untuk membatasi akses ke suatu tempat. Biasanya untuk memasuki tempat tersebut, user harus terlebih dahulu mengetikkan nama user dan passwordnya.
avatar
Representasi dari seseorang di dunia maya (virtual).
________________________________________

backbone
Link Internet berkecepatan tinggi yang menghubungkan link-link yang lebih kecil kapasitasnya. Backbone Internet biasanya menghubungkan antar negara atau benua.
Backbone Network
Mekanisme sambungan primer dari jaringan terdistribusi berstruktur hirarki. Dapat dipastikan bahwa semua sistem yang memiliki sambungan ke sebuah sistem lanjutan pada jaringan backbone, juga memiliki sambungan ke jaringan lainnya.

bandwidth
Lebar jalur antara dua buah titik (node) di dalam sebuah network. Bandwidth juga menyatakan kecepatan maksimum transfer data. Sebagai contoh, interface ethernet di dalam sebuah network memiliki bandwidth sebesar 10MB/detik, atau sebuah koneksi T1 memiliki bandwidth sebesar 1Mb/s, atau sebuah modem memiliki bandwidth sebesar 28,8Kb/s.

beta
Dalam dunia pemrograman software, beta adalah tahap akhir penyempurnaan software. Software yang berstatus beta kemungkinan besar masih memiliki bug di dalamnya.

Bit
satu bilangan binari (satu dan nol).  Bit adalah unit terkecil dari informasi yang dapat dibaca oleh komputer.

EDI 
(Electronic Data Interchange), sebuah metode yang memungkinkan dua organisasi dapat merampungkan transaksi order penjualan dan penagihan.  Dengan standar bersama, EDI membantu organisasi melangsungkan operasi lebih cepat, mengembangkan layanan dan menawarkan biaya yang lebih rendah dengan pengurangan pengiriman kertas.  EDI dapat dilakukan dengan menggunakan line yang disewa (leased line), internet atau jaringan yang punya nilai tambah.

E-mail
(electronic mail) Suatu cara untuk berkirim pesan antar sesama pengguna atau kelompok melalui suatu jaringan elektronik seperti internet.   

E-Commerce
(electronic commerce) Commerce adalah pertukaran barang, layanan atau properti antar lembaga.  Jadi, electronic commerce adalah pertukaran yang berlangsung melalui media elektronik.  Dengan demikian, berarti e-commerce telah ada sejak penemuan telegraf.   Yang kini berubah hanyalah adanya standar bagi jaringan komputasi yang begitu banyak.       
            
                               
Home page
dokumen awal atau utama yang terlihat oleh pengunjung sebuah Website.  Satu home page dapat dihubungkan dengan banyak halaman web.
                                         
Internet
Jaringan komputer yang besar, terdiri dari jaringan-jaringan lebih kecil yang menghubungkan lebih dari 50 juta pengguna di seluruh dunia.  Internet memungkinkan komunikasi secara elektronis melalui saluran telepon untuk keperluan pribadi, pendidikan, penelitian, maupun komersial.  Internet sering juga disingkat dengan Net.

Intranet
Jaringan komunikasi yang menggunakan teknologi Internet dan Web di dalam sebuah organisasi.  Intranet menawarkan pendekatan yang sesuai kebutuhan untuk manajemen arus kerja dan manajemen proyek.  Intranet juga memungkinkan perusahaan memaksimalkan para pakar dan departemennya, tak peduli di manapun mereka berada.  Dalam sebuah intranet yang berbasis teknologi Web dan Internet, perusahaan dapat dengan mudah berhubungan ke Internet.

Modem
Modulator -DEModulator. Menampilkan proses perubahan bolak-balik sinyal digital komputer menjadi gelombang untuk ditransmisi lewat saluran telepon.                    

WWW
(World Wide Web) wadah multimedia di Internet yang mulai dikembangkan pada akhir 1980-an oleh Tim Berners-Lee pada European Centre for Nuclear Research (CERN).  Web memungkinkan file berisi teks maupun grafik tersimpan dalam host Internet untuk dilihat oleh pengguna di mana saja.  Kini, Web dapat menyimpan jutaan dokumen, ribuan situs dan ratusan indeks.

No comments: