PROFIL SPENDA ART CLUB


      A.    LATAR BELAKANG
Pendidikan dalam arti yang luas adalah meningkatkan kecerdasan manusia baik dari segi intelektual, motorik, maupun sikap. Bidang seni, dalam hal ini seni rupa sangat mementingkan kecerdasan motorik yang dikembangkan dari imajinasi dan kreatifitas. Dewasa ini perkembangan seni rupa sudah sangat berkembang dengan pesatnya. Seni rupa tidak hanya terbatas kepada kegiatan menggambar saja. Banyak anggapan yang berkembang bahwa untuk mempelajari seni rupa membutuhkan bakat. Seseorang tanpa bakat menggambar tidak akan bisa belajar seni rupa. Padahal yang paling penting adalah kerja keras dan latihan.
Masalah lain yang timbul adalah bahwa mata pelajaran seni rupa (seni budaya) di sekolah memiliki alokasi waktu yang sedikit, hanya dua jam pelajaran. Hal tersebut menyebabkan kurangnya siswa memahami materi-materi kesenirupaan. Bahkan tidak jarang jam pelajaran habis diisi oleh materi yang bersifat teoritis. Padahal pelajaran seni rupa sangat membutuhkan keterampilan tangan melalui materi-materi praktek.
Oleh karena itu, melalui program ekstrakulikuler seni rupa diharapkan bisa mengisi kekurangan materi dalam pembelajaran di kelas. Selain itu diharapkan melalui program ekstrakulikuler ini setidaknya bisa membuka wawasan siswa akan luasnya bidang kajian seni rupa serta bisa memberikan keterampilan-keterampilan khusus. Dengan bekal keterampilan (skill) tertentu diharapkan siswa bisa lebih aktif untuk memanfaatkan keterampilan tersebut dalam kehidupan bersosialnya di tengah masyarakat.

B.     NAMA PROGRAM
Program ekstrakurikuler ini diberi nama Ekstrakurikuler Seni Rupa SMPN 2 Pamulihan. Dengan motto ekskul “ekspresif, inovatif, dan kreatif” mudah-mudahan dengan ekstra kurikuler ini bisa menghasilkan siswa-siswa yang giat berkarya, yang selalu siap mengekspresikan bakat dan kemampuannya.

No comments: