RAGAM PROGRAM ekskul Seni


Ekstrakulikuler seni rupa ini sudah masuk tahun yang ketiga. Salah satu hasil garapannya  antara lain :
1.      Karya wall painting
Tema gambar yang dituangkan adalah objek-objek hiasan dekoratif naturalis berupa sulur tumbuhan, serta ilustrasi kegiatan pengembangan diri di SMP Negeri 2 Pamulihan. Diharapkan dengan kegiatan ini selain menjadi media agar warga sekolah menjadi ’peka seni’ juga bisa sekaligus meningkatkan kesadaran tentang wawasan lingkungan. Dengan begitu siswa bisa menghindari kegiatan-kegiatan negatif yang merusak lingkungan sekolah seperti aksi vandalisme.

2.      Buletin Spenda Cool
Budaya membaca merupakan salah satu hal yang harus dibiasakan sejak dini, karena dengan biasa membaca kita bisa meningkatkan derajat bangsa. Dengan demikian, program bulettin Spenda Cool ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk memenuhi harapan tersebut. Sajian yang terkandung dalam buletin ini diupayakan dilengkapi dengan ulasan-ulasan menarik tentang pengetahuan umum yang bermanfaat untuk menambah cakrawala pengetahuan siswa. Beberapa konten bacaan dikumpulkan langsung oleh siswa, dalam hal ini Ekskul ini juga melatih pemahaman siswa tentang dunia jurnalistik secara sederhana. Buletin ini dilengkapi juga dengan kolom kreasi siswa sebagai ajang penelusuran minat dan bakat sekaligus membudayakan sikap apresiasi seni di lingkungan sekolah. Sampai saat ini ekskul seni ini sudah menerbitkan 8 edisi buletin. Tidak hanya tampil dalam bentuk lembaran kertas, kini buletin Spenda sudah bisa dinikmati lewat dunia cyber. Pada bulan Agustus 2011 kemarin Spenda mencoba melebarkan komunitas pembacanya  

3.      Menggambar
Menggambar merupakan kegiatan yang bersifat katarsis atau sebagai “obat penenang jiwa” yang sangat baik untuk perkembangan psikologi siswa, oleh karena itu kegiatan menggambar menjadi program rutin dari ekskul ini. Setiap minggunya siswa diberikan arahan dan latihan tentang teknik-teknik dasar menggambar serta mengenalkan mereka tentang prospek kerja yang berhubungan dengan pekerjaan seni tersebut.

4.      Program Tambahan
Untuk tahun ajaran 2011/2012 ini, direncanakan ada beberapa program tambahan yang akan dilaksanakan, diantaranya adalah :
a.    Berkarya di alam
b.    Lomba lukis pot tanaman antar kelas
c.    Wisata Seni ke Museum Prabu Geusan Ulun Sumedang
d.    Workshop Batik Jumputan

No comments: